Teks dan Citra pada Multimedia

Standard

Mutlimedia pada dasarnya terdiri dari 2 jenis utama, yaitu Teks dan Citra. Informasi dalam bentuk citra dapat merepresentasikan suatu informasi lebih banyak dibanding teks, oleh sebab itu penanganan antara teks dan citra tentu berbeda.

Informasi dalam bentuk teks cenderung lebih mudah di olah dan di simpan. Terdapat 3 jenis informasi dalam bentuk teks, yaitu Plain Text, Rich Format Text, dan Hypertext. Plain Text, sesuai namanya teks jenis ini bersifat plain atau polos, artinya tidak ada embel-embel yang mengikutinya seperti formating text, atau yang lainnya. Rich Format Text bersifat lebih lengkap di banding Plain Text karena dapat memuat formatting pada text seperti memasukkan gambar, pewarnaaan, dan lain sebagainya. Sedangkan Hypertext meupakan kumpulan teks – teks yang saling terhubung namun tidak linear, artinya informasi tersebut tersebar ke dalam beberapa halaman dan kita dapat mengaksesnya dimulai dari mana saja tanpa perlu mengikuti suatu alur, contohnya HTML.

Informasi dalam bentuk citra terbagi menjadi 2 macam, yaitu Vector dan Bitmap. Sebuah citra yang disimpan dalam bentuk Vector pada dasarnya merupakan kumpulan dari titik – titik yang digambar ulang dengan rumus-rumus atau suatu algoritma yang digunakan untuk menampilkan kembali gambar tersebut. Untuk itu citra jenis vector lebih susah dip roses namun dapat memberikan kualitas resolusi gambar yang tinggi dengan file size yang tidak terlalu besar. Sedangkan citra yang direpresentasikan dalam Bitmap pada dasarnya merupakan sebuah kumpulan pixel dimana tiap – tiap pixelnya memiliki depth atau kedalaman warna, sehingga dari kumpulan pixel tersebut dapat menciptakan gradasi warna dan pada akhirnya akan memunculkan sebuah gambar. Citra jenis ini cenderung lebih mudah diproses atau di olah kembali, namun memiliki kekurangan pada besar file yang dihasilkan jika ingin mendapatkan citra dengan kualitas atau resolusi tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *