Pengiriman Data Multimedia Berbasis Aplikasi Mobile

Standard

Pada kesempatan kali ini, dibahas mengenai pengiriman data multimedia pada perangkat mobile. Berikut adalah beberapa contoh penerapan pengiriman data multimedia pada perangkat mobile terkini.

  • BBM (Blackberry Messenger)
    BBM merupakan layanan yang disediakan oleh RIM sebagai pengembang perangkat blackberry. Dengan BBM memungkinkan para pengguna blackberry untuk melakukan komunikasi melalui server BBM.
    Ketika seorang pengguna mengirim pesan dan ternyata penerimanya sedang offline, maka pesan akan di simpan di server untuk kemudian ketika penerima sudah online maka server akan meneruskan pesan offline sebelumnya. Hal ini merupakan suatu kelebihan pada arsitektur client-server.
  • Line
    Tak beda jauh dengan BBM, Line juga merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna nya melakukan komunikasi antar perangkat pada berbagai device karena Line mendukung perangkat berbasis IOS, Android, hingga PC Desktop. Line juga menggunakan arsitektur client-server sehingga seluruh komunikasi akan melalui server sebelum sampai ke tujuan.
  • Skype
    Skype juga merupakan sebuah aplikasi yang memungkinakn penggunanya untuk saling berkomunikasi, yang membedakan Skype memungkinkan melakukan komunikasi melalui audio atau bahkan video. Komunikasi yang terjadi pada Skype tidak melalui server Skype, namun komunikasi terjadi secara peer-to-peer yang artinya data komunikasi di kirim secara langsung dari penerima ke pengirim.
    Namun Skype masih memerlukan sebuah server yang digunakan untuk autentikasi pengguna dan mengetahui pengguna mana saja yang sedang online atau terhubung ke dalam jaringan Skype

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *